PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT KOMPUTER
A.
Perangkat Input
a.
Pengertian
Alat input
adalah alat yang digunakan untuk menerima input atau masukan dari luar
komputer. Input dapat juga disebut energi yang dimasukkan ke dalam suatu
sistem. Dalam sistem komputer, input dapat berupa :
1.
Signal input yaitu data yang
dimasukkan dalam sistem komputer.
2.
Maintenance input yaitu program
yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.
Beberapa
alat input juga memiliki kemampuan ganda, yaitu sebagai alat input itu sendiri
serta berfungsi sebagai alat output untuk menampilkan hasil. Alat input/output
yang demikian ini disebut sebagai Terminal.
b.
Macam-Macam Alat Input
o
Keyboard
Keyboard adalah sebuah alat untuk mengubah huruf,
angka, dan karakter lain ke dalam bentuk sinyal elektrik yang dapat dibaca
prosesor computer. Keyboard bisa melakukan hal ini dengan bantuan prosesor dan
jarring-jaring sirkuit yang berada di bawah tuts.
Saat kita menekan
tuts, arus listrik yang melalui sirkuit akan terputus. Prosesor mencari
letaknya dan membandingkan lokasi informasi dengan peta karakter yang tersimpan
di chip ROM keyboard. Informasi karakter tersebut akan tersimpan sementara di
buffer memori keyboard.
o
Mouse
Mouse adalah konstuksi teknik pada peralatan yang
digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang berfungsi untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya
o
Touchpad
Touchpad adalah konstuksi teknik pada peralatan yang
digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang biasanya dapat kita
temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad
adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
o
Light Pen
Light pen adalah konstuksi teknik pada peralatan yang
digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang digunakan untuk
modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki
sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,
dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris
per detik.
o
Joy
Stick dan Games Paddle
Joy stick dan Games Paddle adalah konstuksi teknik
pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang
biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak
suatu objek dalam komputer.
o
Barcode
Barcode adalah konstuksi teknik pada peralatan yang
digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang berfungsi
untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal
vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini
biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan
buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
o
Scanner
Scanner adalah konstuksi teknik pada peralatan yang
digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang dapat berfungsi
untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam
memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk
ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy,
perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan
scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga
kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan
kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
o
Graphics
Pads/Graphic Tablet
Graphics pads adalah konstuksi teknik pada peralatan
yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang
berfungsi untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan
mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke
pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut
terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane
surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi
koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive
pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas
gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
o
Voice
Recognition
Voice recognition device adalah konstuksi teknik pada
peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang
berfungsi untuk memasukkan suara manusia ke dalam signal interpreter.
Kebanyakan voice systems yang digunakan sekarang mempunyai vocabulary yang
kecil dan harus dilatih untuk mengenal kata-kata tertentu.
Caranya, seseorang
membacakan sebuah daftar kata-kata yang biasa digunakan sehingga signal
interpreter dapat menetapkan polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka
bawa. Voice input diperlukan karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat
mengetik atau memanipulasi peralatan ketik input device lainnya.
B.
Alat Output
Macam-macam alat output :
o
Kartu Suara
Kartu Suara(sound Card)berfungsi untuk meningkatkan kapabilitas komputer dalam hal suara dengan cara mengirimnya ke
speaker sebagai output. Kartu suara ini terpasang di slot ekspansi motherboard.
Dengan CD drive terhubungkekartu, kita pun dapat mendengarkan musik dari CD.
o
Monitor
Monitor adalah alat yang mampu mengambil sinyal elektrik dari video card
dan mengubahnya dalam bentuk gambar dengan menggunakan titik-titik dari cahaya berwarna
yang tampil dilayar. Selanjutnya, setelah case ditutup, monitor dapat dihubungkan dengan kabel kekomputer bagian belakang bmelalui konektor khusus
yang sangat mudah dikenali. Kabel listrik untuk monitor
dapat dipasang pada stopkontak terpisah.
o
Speaker
Speaker adalah alat untuk mendengarkan suara dari sinyal elektrik yang
dikirimoleh kartu suara. Tidak perlu membeli speaker yang wah,
kecuali kita menggeluti bidang rekaman yang membutuhkan kualitas suara yang
sangat bagus. Dua speaker dihubungkan dengan sebuah kabel yang dipasang di
komputer bagian belakang setelah instalasinya selesai dilakukan.
o
Printer
Printer adalah sebuah alat yang
bisa mencetak teks dan gambar pada kertas. Printer mempunyai dua sambungan. Pertama,
dipasang di komputer bagian belakang dan berfungsi untuk menerima sinyal dari komputer.
Sambungan ini terhubung pula
ke motherboard.kedua kabel listrik yang dipasang pada stopkontak yang terpisah.
o
Infocus
Infocus adalah konstruksi
teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan
komputer yang mempunyai fungsi sama dengan monitor. Perbedaannya,
infocus membutuhkan media penerima pancaran signal-signal infocus, media
penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih
(terang). Contoh media yang biasa digunakan yaitu dinding putih, whiteboard,
ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.
o
InkJet
Printer
Inkjet printer adalah alat cetak
yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukupbagus.
Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama,
tergantungpadajenismerk printer tersebut. Tetapipada inkjet printer,
hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
o
Plotter
Plotter adalah konstruksi
teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan
komputer yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter
digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar
mesin dan konstruksi bangunan.
0 komentar:
Posting Komentar